visitor

Share informasi seputar dunia komputer dan aplikasinya

Menjalankan Aplikasi Website Saat offline

Salah satu tantangan dalam mengembangkan web adalah membuat aplikasitersebut tetap dijalankan seperti pada saat koneksi keinternet terputus atau lemotttt.. , aplikasi web yang ditemui selama ini biasanya akan terhenti atau mogok , kaya bajajjjj aja mogok , hehe,, , jika koneksi terputus.
Dengan adanya masalah ini , maka si mbah google meluncurkan GOOGLE GEARS yang memungkinkan anda tetap bisa menjalankan aplikasi web pada saat internet terputus.
Pada prinsipnya google gears yang diimplementasikan sebagai browser extension dengan file installasi sebesar 700kb secara online ini terdiri dari 3 komponen utama , antara lain :
  1. local server.
  2. Database
  3. Workerpool
local server bertanggungjawab dalam mengatur cache dan menyediakan sebagai resource aplikasi ( HTML, Java script,Gambar dll )secara lokal.
Database berfungsi untuk menyimpan data secara lokal dalam sebuah relational database dengan fasilitas pencarian lengkap.
Workerpool berfungsi membuat aplikasi we lebih respontif,caranya workerpool menjalankan proses-proses yang sangat menyita resource  secara asynchronoous,hingga kini google gears yang masih dalam tahapan beta baru diterapkan pada aplikasi web google reader.
check disini

0 komentar anda:

Posting Komentar